Celengan
Info
– Kita mengetahui salah satu merek air minum kemasan yang terkenal yaitu Aqua
yang diproduksi sejak tahun 1973 oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia.
Aqua telah menjadi produk
paling dikenal di Indonesia dengan citra brand yang sangat bagus. Ini dapat
terlihat dari masyarakat Indonesia yang menyebut merek Aqua saat ingin memmbeli
air mineral kemasan.
Saat ini, terdapat 14 pabrik
yang memproduksi air Aqua dengan pemilik yang berbeda-beda. Sepuluh pabrik dimiliki oleh
PT Tirta Investama, Tiga pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi dan Satu
pabrik di Brastagim Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo
Sejarah
Berdirinya Aqua
Aqua awalnya didirikan oleh
Pak Tirto Utomo pada tahun 1973 dengan pabrik pertamanya di Bekasi.
Pak Tirto Utomo Memiliki ide
untuk membuat air mineral kemasan ini pada saat Tirto sedang bekerja dengan
perusahaan Pertamina. Pada saat itu, Pak Tirto sedang menjamu tamu dari luar
negeri yang sering mengeluh soal air minum.
Banyak tamu luar negri yang
sakit perut atau tidak suka dengan rasa air dari tanah yang hanya direbus saja.
Pak Tirto juga sering ditugaskan
ke luar negeri dan mengamati bahwa di luar negeri, air mineral kemasan di dalam
botol telah terjual bebas di pasaran dan dikonsumsi oleh banyak masyarakatnya.
Maka dari itu, Pak Tirto melihat adanya peluang untuk memulai usaha air putih
dalam kemasan yang tidak ada di Indonesia pada saat itu.
Setelah Pak Tirto melihat ada
peluang di air kemasan, Pak Tirto pun keluar dari Pertamina untuk menjual air
kemasan dan menyuruh adiknya untuk magang di Polaris, perusahaan air mineral
kemasan dari Thailand yang telah berjalan selama 16 tahun.
Maka dari itu, Aqua pada
awalnya mirip dengan produk Polaris yang berbentuk botol kaca. Selain
bentuknya, Aqua juga menggunakan mesin dengan merek yang sama dengan mesin yang
digunakan Polaris seperti mesin pengolahan air, mesin pencuci botol, dan
pengisi air.
Nama awal pabrik Aqua bukanlah
Aqua, melainkan Golden Mississippi dengan kapasitas produksi 6 juta liter per
tahun.
Meskipun namanya cocok untuk
target pasarnya yang ekspatriat, Pak Tirto masih merasa ragu dengan namanya
karena terdengar asing di telinga orang Indonesia.
Maka dari itu, konsultannya
menyarankan untuk menggantinya dengan Aqua, dari bahasa latin artinya air.
Selain tidak sulit diucapkan, nama tersebut juga sesuai dengan citra dari air
minumnya.
Produk awal yang dijual Aqua
adalah produk Aqua botol kaca 950 ml dan kemudian disusul dengan Aqua 5 galon
yang juga terbuat dari kaca.
Pada saat itu, penjualan produknya tidak laku
dengan rendahnya tingkat permintaan masyarakat akan produk Aqua.
Selain
mahal, masyarakat lokal masih menggunakan air tanah rebusan untuk diminum.
Kebanyakan
consume Aqua pada saat itu hanya ekspat saja. Penjualan terus merosot hingga 3
tahun dan perusahaannya hampir tutup.
Pasar Aqua masih terbatas
dengan orang asing yang bekerja di Indonesia. Produk Aqua mulai masuk ke pasar
lokal pada tahun 1984 namun masih sangat eksklusif dan hanya dijual di
toko-toko tertentu.
Pada akhirnya Aqua masuk ke
setiap toko, warung, ataupun penjual lainnya di pasaran Indonesia.
Maka dimulailah strategi
berikutnya dimana Pak Tirto memberikan 3 botol Aqua secara gratis untuk dijual
di toko-toko. Dan strategi distribusi sederhana ini berhasil membuat Aqua
tersebar.
Para pedagang tersebut akhirnya memesan produk Aqua lagi setelah
laris terjual dan masyarakat lokal dapat mengjangkau Aqua dengan mudah.
Selain toko-toko, Pak Tirto
juga menyebar Aqua di restoran dan hotel-hotel yang ada sehingga pada akhirnya
masyarakat mengakui produk air mineral kemasan Aqua.
Meskipun ada masyarakat sudah
mulai sadar, pengakuannya masih terbilang kecil. Pak Tirto pun menyiasati ini
dengan mengubah citra brand dari Aqua yaitu sebagai minuman sehat.
Caranya dengan memberikan
sponsor kepada acara olahraga dan anak muda.
Puncaknya ada pada saat Aqua
memberi sponsor pada acara PON (Pekan Olahraga Nasional) dan itulah yang
membentuk pemikiran masyarakat.
Mindset ini membuat pemikiran
masyrakat bahwa Aqua berarti air atlet dan airnya orang sehat. Itulah mindset
yang terbentuk di pikiran masyarakat Indonesia dan berhasil membuat Aqua
menjadi booming di masyarakat Indonesia.
Source : Sejarahlengkap.com
Sejarah Singkat Tentang Aqua
Reviewed by Reza Indra Setiawan
on
Juni 23, 2020
Rating:
Tidak ada komentar: